Langsung ke konten utama

Peran Teknologi Dan Informasi Serta Aplikasi Era Pandemi Covid 19

    PandemiCovid 19 merupakan tantangan bagaimana kita menyikapinya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran . Karena pola pembelajaran pada era pandemi ini menggunakan daring. Kita dituntut untuk dapat mengondisikan atas terjadinya fenomena ini. Bagaimana pembelajaran dapat berjalan lancer dan sukses di era Pandemi ini. Perkembangan teknologi pada zaman era modern ini sangatlah pesat. Saat ini teknologi telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan diberbagai aspek. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam bahkan menit atau detik terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Penggunaan teknologi oleh manusia dalam membantu menyelesaikan pekerjaan merupakan hal yang menjadi keharusan dalam kehidupan. Perkembangan teknologi ini juga harus diikuti dengan perkembangan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

                                                                  


Manusia sebagai pengguna teknologi harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada saat ini maupun perkembangan teknologi tersebut selanjutnya. Adaptasi manusia dengan teknologi baru yang telah berkembang wajib untuk dilakukan melalui pendidikan. Hal ini dilakukan agar generasi penerus tidak tertinggal dalam hal teknologi baru. Dengan begitu, teknologi dan pendidikan mampu berkembang bersama seiring dengan adanya generasi baru sebagai penerus generasi lama.

Di tengah masa Pandemi Covid-19 ini muncul sebuah aturan terutama di Indonesia yang dimana masyarakat Indonesia diharuskan untuk menjaga jarak antara satu dengan yang lain minimal satu setengah meter sehingga masyarakat Indonesia dipaksa untuk Stay at home atau dirumah saja dan melakukan seluruh aktivitas dari rumah seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah dari rumah.

Dengan adanya aturan untuk beraktivitas dari rumah seperti bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah dan seluruh kegiatan dilakukan dari rumah. Kegiatan – kegiatan inilah yang membutuhkan peran teknologi untuk melakukan kegiatan – kegiatan tersebut. Peran teknologi pada masa Covid-19 ini sangatlah besar, contohnya saja seperti belajar dari rumah, pembelajaran ini dilakukan melalui DARING atau dalam jaringan dengan memanfaatkan sebuah aplikasi atau web yang biasa disebut dengan e-learning. E-learning ini sebagai payung dari segala jenis pembelajaran. Ada beberapa definisi e-learning sebagai berikut : “ E-learning adalah pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan suatu sistem elektronik atau juga komputer sehingga mampu untuk mendukung suatu proses pembelajaran” (Michael: 2013 : 27). “ E-learning adalah suatu proses pembelajaran jarak jauh dengan cara menggabungkan prinsip-prinsip di dalam proses suatu pembelajaran dengan teknologi” (Chandrawati, 2010). “ E-learning adalah suatu sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka dengan secara langsung antara pendidik dengan siswa/siswi” (Ardiansyah).

Dari beberapa definisi yang telah dipaparkan di atas dapat di simpulkan bahwa e-learning merupakan suatu proses pembelajaran jarak jauh yang berbasis elektronik dengan memanfaatkan media jaringan komputer. Selain menggunakan e-learning sebagai sarana pembelajaran dosen, guru, siswa/siswi, dan mahasiswa/mahasiswi menggunakan sarana media Whatsapp, Telegram dan vidio conference seperti zoom, CloudX dan lain-lain.     

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan untuk meraih kesuksesan di masa era globalisasi.

  Pendidikan untuk meraih kesuksesan di masa era globalisasi Sebagai manusia yang berkarakter di masa era globalisasi harus mampu menjaga moral dan tingkah laku sebagai warga bangsa Indonesia. Seiring berjalannya waktu, banyak sekali hal-hal mana yang mampu mengubah cara bertingkah laku, apabila tidak mampu memilih hal mana yang pantas dilakukan dan yang tidak pantas dilakukan. Oleh karena itu, dengan adanya pendidikan yang menciptakan penerus bangsa yang selalu menjalankan identitas bangsanya maka nilai-nilai dari luar yang ingin masuk dan merusak nilai-nilai lokal tidak diterima begitu saja. Kita sebagai calon penerus bangsa harus mampu untuk mengimplementasikan nilai-nilai moral yang diajarkan di dalam dunia pendidikan tersebut. yuk kita simak selanjutnya!                                                               ...

Cara Belajar Linux dengan Mudah

Apakah kamu termasuk orang yang ingin belajar linux tapi bingung mulai dari mana? Atau kamu sudah mulai minat mempelajari sistem operasi linux tapi masih kesulitan untuk mempelajarinya? Kali ini saya ingin coba sedikit sharing tentang pengalaman saya mempelajari sistem operasi linux, dan kebetulan distro linux yang pertama saya pelajari adalah Ubuntu. Saya sendiri sudah mulai tertarik dengan linux itu semenjak kuliah semester 3, waktu itu saya melihat kakak tingkat yang menggunakan sistem operasi linux untuk kegiatan sehari-harinya, dan kesan pertama yang ada di pikiran saya ketika melihat kakak tingkat saya itu adalah "Keren". Namun sayangnya, keinginan saya untuk mempelajari belumlah terlalu kuat, sehingga saya masih tetap melanjutkan penggunaan Windows. Lalu, saya punya sedikit trik supaya bisa lebih cepat memahami linux, berikut adalah triknya: 1. Tentukan Tujuan dan Luruskan Niat Yang pertama dan yang paling utama, kamu harus menetukan tujuan dulu, untuk apa sih belajar...

Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D

  Hayy teman-teman aku punya macam-macam Metode Pengembangan Perangkat Model 4D nih, semoga dengan adanya saya membuat sebuah materi tentang Metode Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 4D ini dapat bermanfaat bagi kalian dan semua orang yang membacanya. Langsung aja kita simak penjelasan materi di bawah ini : Model 4D merupakan salah satu metode penelitian dan pengembangan. Model 4D digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Model 4D dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel pada tahun 1974. Sesuai namanya, model 4D terdiri dari 4 tahapan utama yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). 1. Tahap  Define   (Pendefinisian) Tahap awal dalam model 4D ialah pendefinisian terkait sayarat pengembangan. Sederhananya, pada tahap ini adalah tahap analisis kebutuhan. Dalam pengembangan produk pengembang perlu mengacu kepada syarat pengembangan, manganalisa dan mengump...